Selasa, 25 Januari 2011

gizi pada pasien penyakit jantung


BAB I
PENDAHULUAN


A.        PENGERTIAN
           

Penyakit jantung yaitu Keadaan jantung tidak dapat melakukan fungsi secara normal, disebut dalam keadaan tidak terkompensasi , sirkulasi darah tidak normal menyebabkan sesak napas (dyspnea), rasa lelah, rasa sakit di daerah jantung. Terjadi kelainan fungsi ginjal, hati toak, serta tekanan darah, dan terjadi resorpsi natrium, shg terjadi odema.
           
Penyakit koroner merupakan penyakit yang insidensinya semakin meningkat dalam masyarakat modern dengan adanya perubahan pada pola makan dan aktivitas sehari-hari.  Penyakit ini terjadi ketika plak yang berisikan lipoprotein,kolesterol,debris jaringan dan kalsium terbentuk dalam permukaan interior pembuluh darah koroner sehingga terjadi pengerasan dan penyempitan pembuluh koroner yang memperdarahi otot jantung tersebut.plak tersebut mungkin bisa di samakan dengan polisi tidur yang ada di jalan untuk memperlambat arus kendaraan. Biasanya plak yang disebutkan di atas terbungkus oleh jaringan ikat yang di namakan fibrous cap. Jika jaringan ikatnya tipis dan kemudian pecah,maka timbunan unsur-unsur di atas akan telepas ke dalam aliran darah.karena sel-sel darah merah tidak bisa di kurangi kecepatannya pada saat berjalan di dalam pembuluh darah, maka polisi tudur atau plak tersebut akan menimbulkan aliran turbulensi yang membuat sel-sel darah merah saling berbenturan.sel-sel darah merah yang pecah karena benturan akan membentuk bekuan darah (embolus) yang turut mengalir dalam sirkulasi darah.timbunan yang terlepas ini bersama bekuan darah akan menyumbat pembuluh darah di sebelah distal yang kemudian akan menyebabkan iskemia dan kematian otot jantung (infark miokard).

Penanganan gagal jantung kongestif meliputi penanganan penyebabnya. Istirahat fisik maupun mental diperlukan untuk mengurangi beban kerja jantung. Kebanyakan obat yang digunakan untuk hipertensi dapat juga diberikan dalam pengobatan gagal jantung kongestif. Obat inhibitor ACE dan vasodilator lainnya serta diuretik( untuk mengurangi volume air tubuh yang berlebihan agar beban preload pada jantung dapat dikurangi ) acap kali digunakan dalam pengobatan gagal jantung kongestif. Digitalis diresepkan doyer untu mengurangi frekuensi jantung dan memperkuat kerjaotot  jantung. Terapi oksigen mungkin diperlukan , sedangkan preskripsi diet digunakan terutama untuk mengurangi retensi cairan serta natrium dan meminimalkan beban kerja jantung.
Pada anak – anak yang menderita gagal jantung kongestif sering terjadi ganguan tumbuh kembang dan berat badan nya tidak mau naik. Keadaan ini dapat disebabkan sejumlah seperti serangan sesak , gangguan absropsi makanan karena penurunan perfusi darah ke usus dan infeksi yang menyertai gagal jantung kongestif.


B.        Penyakit digolongkan menjadi 2:
           
1.      Kelainan jantung bawaan:
Yaitu penyakit jantung yang dialami sejak lahir artinya kelainan yang didapat  sejak lahir.

Etiologi
Terjadi  Gangguan sejak masa embrio Penyebab: Rubela/ virus lain pada masa kehamilan, faktor genetik.

2.      Penyakit jantung didapat:
    
Yaitu penyakit jantung yang Disebabkan  Demam rematik, penyakit jantung rematik,   miokarditis.

Etiologi:
- Interaksi individu terhadap penyakit   lain dan faktor lingkungan                                 (pen.jantung rematik dan peny lain).
- Infeksi saluran napas atau oleh beta   streptokokus dan hemolitikus.

C.        Gejala

1. Gangguan pertumbuhan. } jntg. bwaan
2.Demam, artritis, karditis}jntg. Bawaan.
3.Odema, hipertensi: jantung didapat.

Tindakan:
1.Bedah (jntg bawaan).
2. Istirahat
3. Diet.





 

   BAB II
TINJAUAN TEORI

A.        Peranan gizi pada penyakit jantung


1.           Prinsip diet

Terapi gizi bagi pasien –pasien gagal jantung kongestif (decompensasi jantung) harus berfokos pada keseimbangan status cairan dan elektrolit :

1.      Pemantauan status kalium jika pasien mendapatkan terapi deuretik; pada hipokalemia, kalium dapat diberikan dalam bentuk makanan yang banyak  mengandung kalium seperti kacang hijau atau suplemen kalium.
2.      Pembatasan asupan garam (natrium) hingga 2-3 g natrium perhari (konsumsi garam yang berlebihan dapat menyebabkan retensi cairansehingga menambah berat gejala edema yang biasa terjadi pada decompensasi jantung ). Diet rendah natrium merupakan kontraindikasi pada salt-depleting renal diseases seperti pielenofritis yang menggangu fungsi tubulus ginjal dalam menyerap natrium.
3.      Penyusuain pembatasan cairan dilakukan menurut :
a)      Respons pasien terhadap pengobatan
b)      Kepatuhan terhadap pembatasan natrium
c)      Intensitas / prorestifitas penyakit

Pasien gagal jantung kongestif harus dianjurkan untuk membaca label pada kemasan makanan sehingga mengetahui adanya natrium yang tersembunyi dlam bentuk bahan – bahan aditif / pengawet makanan. Daftar makanan yang tinggi natrium dan kalium dapat ditemukan masing – masing dalam tabel 3-14 dan 3-15. Obat – obatan juga dapat mengandung natrium dalam jumlah yang berarti ( barbiturat, antibiotik, alkalires lambung, dll ) dan dengan demikian  pasien harus berkonsultasi dengan dokter tentang kandungan natrium dalam obat – obatan yang digunakan .

Pasien gagal jantung kongestif  yang lanjut dapat menderita kakeksia ( cardiac cahexia ) berat dan penurunan masa lemak maupun otot. Etiologi kakeksia jantung ini mencakup anoreksia,  hipermetabolisme yang berhubungan dengan kargiomegali, dan  kehilangan nitrogen yang berhubungan dengan hipoksia / malabsorpsi. Terapi kakeksia jantung memerlukan dukungan gizi yang agresif yang umumnya mencakup enteral feeding untuk membantu asupan oral. Kalau perlu , furmula enteral bagi keperluan ini mengandung unsur – unsur gizi elemental seperti peptida , maltodekstrin dan minyak rantai sedang (MCT) agar kalori yang cukup dapat diberikan tanpa memboroskan banyak energi untuk menyerap unsur – unsur tersebut.



2.             Nutrisi preventif

Untuk mencegah penyakit koroner/ kardiovaskuler,kita perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Mempertahankan kadar kolestrol total <200 mg/dL rasio kolesterol total:HDL kolesterol <4,5 LDL-kolesterol <100 mg/dL (bila pasien pernah mengalami serangan jantung koroner atau menderita penyakit diabetes)
  2. Mempertahankan IMT agar kurang dari 23 dan lingkaran perut kurang dari 80cm (pada wanita) serta kurang dari 90cm (pada laki-laki) jika hal ini di mungkinkan (lihat Bab 5)
  3. Mengurangi asupan lemak penuh hingga kurang dari 5% dari total kalori atau gunakan hanya 2-3 sendok makan minyak( khususnya minyak nabati yang mengandung asam lemak tak-jenuh) per hari.hindari makanan yang banyak mengandung lemak jenuh seperti tercantum dalam tabel 3-2. cara memasak yang baik untuk mengurangi asupan lemak ini adalah merebus,mengukus, menanak,menumis,memanggang,membakar dan memepes.
  4. Tingkatkan asupan lemak tak-jenuh tunggal (MUFA),seperti minyak zaitun,minyak kanola,minyak kacang dan alpukat,hingga sekitar 20% dari total kalori per hari. Makan makanan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti ikan laut (lihat tabel 3-3) dan minyak tak jenuh-ganda (PUFA) dalam jumlah sekitar 10% dari total kalori per hari. Dalam penelitian diet jantung di Lyon (Lyon Diet Heart Study),prancis,terhadap 600 orang responden dengan riwayat serangan jantung koroner ternyata diet mediteranian yang terdiri atas menu sayuran,buah,sereal utuh,ikan dan minyak zaitun atau kanola sebagai sumber ternyata menghasilkan angka insidensi serangan jantung ulang yang lebih kecil bila di bandingkan dengan kelompok sama yang makan biasa(Lorgeril M.et al,1999).
  5. Jika kadar trigliserida tinggi,kurang konsumsi hidratarang sederhana seperti gula pasir,gula aren,madu,dan makanan manis lainnya.perbanyak konsumsi hidratarang kompleks seperti sayuran,buah,dan sereal/ bijian yang utuh serta makanan berserat lainnya (agar-agar,kolang-kaling,selasih,rumput laut,cincau).
  6. Jika kadar homosistein dalam darah tinggi,diet yang dapat di lakukan untuk menurunkannya adalah dengan meningkatkan konsumsi makanan nabati yang kaya akan asam folat dan vitamin B6 seperti sayuran hijau serta biji-bijian atau kacang-kacangan yang utuh.
  7. Tingkatkan asupan serat pangan hingga 35 gram/ hari dengan konsumsi jenis-jenis makanan seperti di sebutkan di atas (lihat pula tabel 3-19)
  8. Makan makanan yang banyak mengandung nutrient antioksidan seperti vitamin E,C dan beta-karoten (tabel 3-4,3-7,3-13,dan 3-18) yang akan mengurangi kadar LDL teroksidasi. LDL teroksidasi lebih sukar difagositosis oleh sel-sel fagosit seperti makrofag dari pada LDL biasa sehingga bentuk teroksidasi ini lebih bertahan dalam serum.
  9. Pertimbangkan suplementasi 500 mg vitamin C dan 200 IU vitamin E per hari.
  10. Lakukan olahraga aerobic selama 30 menit per hari.


3.      Nutrisi Kuratif

Terapi nutrisi harus di tujukan kepada hal-hal berikut ini:

1.      Lakukan penimbangan berat badan dengan memperhatikan lingkaran perut (Bab 5).
2.      Kurangi asupan kolesterol hingga <300 mg/dL. Pada pasien diabetes dengan dislipidemia, asupan kolesterolnya harus dikurangi hingga di bawah 200 mg/ hari.
3.      Kurangi asupan total lemak hingga kurang-lebih 20% dari total kalori.
4.      Kurangi asupan lemak jenuh hingga di bawah 5% dari total kalori.
5.      Tingkatkan asupan serat, khususnya serat larut,hingga 25-35 gram per hari untuk mengikat kolesterol yang di hasilkan oleh tubuh sendiri dalam bentuk garam empedu sehingga kolesterol ini tidak di serap kembali oleh usus.
6.      Tingkatkan konsumsi ikan,khususnya ikan laut yang kaya akan asam lemak omega-3,paling tidak 2-3 kali seminggu.
7.      Ganti konsumsi daging merah dengan daging putih seperti ayam kampung dan ikan atau dengan protein nabati seperti tempe atau tahu (kedelai mengandung soya-lecithine dan isoflavon yang dapat menurunkan kadar LDL kolesterol.)
8.      Terapi diet dan olahraga harus di coba terlebih dahulu sebelum menggunakan obat-obat penurun kolesterol


4.      Syarat diet

1.      Energi sesuai dengan kebutuhan, bila kegemukan diturunkan.
2.      Lemak: <30%. Perhatikan konsumsi Lemak jenuh antara 7-10% dari energi total.
3.      Protein 10-20% kebutuhan total energi.
4.      Kolesterol <300mg.
5.      KH sedang 50-60% kebutuhan total energi.
6.      Vitamin dan mineral cukup. Perlu suplemen vitamin bila konsumsi makanan ≤ 1200 kkal/hari

Bahan makanan yang tidak dianjurkan

1.      Produk makanan jadi: cake, pie, pastries, biskuit, kue-kue berlemak.
2.      Daging berlemak, kambing, babi, jerohan,  otak, sosis, sardin, kuning telur 3 butir/minggu, susu whole, keju, es krim.
3.      Nabati dimasak dengan santan, minyak, sayuran dan buah diawet
4.      Mayones, salad dressing dari telur, mentega dll.



 BAB III
TUJUAN DIET

            Tujuan diet
1.      Memberikan makanan secukupnya tanpa memeberatkan kerja jantung.
2.      Menurunkan berat badan bila terlalu gemuk.
3.      Mencegah atau menghilangkan penimbunan garam atau air.

A)    Syarat diet

1.      Energi cukup
2.      Protein cukup, 0,8 g/kg BB
3.      Lemak sedang, 25-30% kebutuhan energi total, 10% lemak jenuh, 10-15% lemak tidak jenuh.
4.      Kolesterol rendah, jika diserta dislipidemia.
5.      Vitamin dan mineral cukup.
6.      Garam rendah, 2-3 g/hari, jika diserta hipertensi atau odema.
7.      Serat cukup untuk hindari konstipasi.

B)   Jenis Diet

1.      Diet jantung I: unt ps jantung akut spt MCI ( Myocardium infarc) atau dekompensasi kordis berat. Bentuk makanan berupa cairan 1-1,5 l/hari. Diberikan beberapa hari.
2.      Diet jantung II: bentuk makanan saring atau bubur. Setelah masa akut terlewati.  Bila ada odema diberikan rendah garam.
3.      Diet jantung III: bentuk makanan lunak atau biasa. Kondisi tidak berat. RG bila ada odema dan hipertensi.
4.      Diet jantung IV: bentuk makanan biasa. Perpindahan dari DJ III. Keadaan baik. RG bila ada odema dan hipertensi.
5.      Manajemen diet
6.      Diet stroke I: bentuk cair unt keadaan akut. Biasanya cair kental dan cair bening. Pemberian peroral atau perNGT.
7.      Diet stroke II: peralihan dari diet stroke I bentuk cair jernihm kental, saring, lunak dan biasa. Disesuaikan dengan penyakitnya.

            Preskripsi diet

1.      Sering mengonsumsi buah dan sayuran; simpanlah buah dalam lemari es, lemari makan atau laci mobil anda,khususnya buah yang dapat di makan bersama kulitnya seperti apel,jambu,belimbing,peach.
2.      Sering memakan lalapan atau tambahkan sayuran seperti tomat,ketimun,bawang bomby,selada pada hamburger/sandwich yang anda makan. Buatlah minuman dari rumput laut,kolang-kaling,selasih,cincau,dll. Tanpa menggunakan sirup yang berlebihan (kalau perlu,gunakan sirup diet seperti Tropikana Slim).ingat konsumsi secara berlebihan gula pasir (sirup,softdrink) dan bahkan pula gula diet yang mengandung fruktosa dapat meningkatkan kadar trigliserida.
3.      Gunakan roti dari biji gandum yang utuh (whole wheatbread).
4.      Makan makanan sereal berserat tinggi seperti havermout pada waktu sarapan.
5.      Tentukan hari-hari saat anda sekeluarga dapat melakukan pesta ikan. Pilih jenis-jenis ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 (tabel 3-3)
6.      Ganti daging merah dengan daging putih seperti ayam kampung. Jangan mengonsumsi bagian kepala,ekor,dan kulit. Kaldu ayam yang berminyak sebaiknya disaring dengan menggunakan saringan halus yang kalau perlu alasnya bisa di lapisi dengan kapas steril untuk menahan minyak tersebut.


7.      Jangan menggoreng makanan dengan banyak minyak atau dengan jelantah.minyak tak-jenuh seperti minyak jagung atau kedelai akan berubah menjadi minyak jenuh jika dimasak dengan panas yang tinggi atau jika dipakai berkali-kali untuk menggoreng. Gunakan minyak dalam jumlah sedikit sekali pakai (misalnya,satu sendok minyak untuk menumis). Kalau dapat,pilih minyak tak-jenuh tunggal seperti minyak zaitun dan minyak kacang yang di konsumsi sebagai dressing salad atau steak.
8.      Gunakan susu skim,susu kedelai,atau yogurt non-fat dari pada susu fullcream.
9.      Gunakan bumbu kacang/mete yang disangrai (jangan digoreng dengan minyak) jika anda ingin membuat gado-gado.
10.  Lebih baik gunakan bumbu seperti kunyit, bawang putih,dll. Untuk memepes ikan dari pada menggorengnya dengan mentega atau margarine.
11.  Bagilah makanan sehari menjadi 5 hingga 6 kali makan dengan porsi kecil. Makan dengan porsi kecil lebih dapat ditolerir oleh pasien yang sesak. Usakan agar asupan kalori sesuai dengan kebutuhan pasien (yang ditentukan oleh dokter). Pasien kegemukan harus diturunkan berat badanya secara bertahap. Sebaliknya pada pasien dengan cardiac cachexia harus diberikan formola enteral yang memberikan energi 1,5 kcal / ml seperti Nutren 2.0 (lazimnya formola enteral memberikan 1kcal / ml ).
12.  Gunakan sayuran yang segar dan bukan sayuran dalam kaleng.
13.  Jika dipaksa memakai sayuran kaleng atau sayuran yang diasinkan , rendam dahulu sayuran tersebut selama 2 menit didalam air mengalir sebelum dimasak.
14.  Sekali seminggu cobalah makan makanan alternatif yang rendah seperti kecap Tropicana Slim, sup tanpa garam, krekers diet yang baik mengandung garam, dll.
15.  Gunakan botol air minum dengan ukuran menurut kebutuhan cairan yang sudah ditentukan selama sehari. Anda harus menuang air dalam botol tersebut dengan jumlah yang sama dengan jumlah air minum atau makanan cair  yang diminum / dimakan. Botol air yang kosong menunjukkan bahwa pasien sudah mengonsumsi cairan dengan jumlah  yang telah ditentukan untuk hari ini. Mulailah setiap hari dengan botol yang berisi air yang baru.
16.  Makanlah buah – buahan yang banyak mengandung kalium 1-2 kali / hari.
17.  Kurangi asupan natrium hingga 2 gram per hari bagi orang dewasa dan 45-70 mg / BB / hari untuk anak – anak. Pengurangan natrium dapat pula dilakukan  menggunakan garam diet yang terbuat dari kalium klorida sebagai pengganti garam dapur ( jika fungsi ginjalnya normal).
18.  Pada gagal jantung akut diperlukan diet rendah sisa / serat agar pasien tidak sampai mengalami buang air besar yang membuatnya mengejan. Jika fase akut sudah terlampaui , preparat laksan dan pelunak feses kadang – kadang diresepkan dokter untuk mencegah sembelit dan defikasi yang sulit.

Biasakan jalan kaki dari pada naik kendaraan, menggunakan tangga dari pada lift/elevator dan biasakan melakukan olahraga aerobik secara teratur seperti berenang,bersepeda,berlari kecil (jogging),senam,dll.





        BAB VI
KESIMPULAN


Penyakit jantung yaitu Keadaan jantung tidak dapat melakukan fungsi secara normal, disebut dalam keadaan tidak terkompensasi , sirkulasi darah tidak normal menyebabkan sesak napas (dyspnea), rasa lelah, rasa sakit di daerah jantung. Terjadi kelainan fungsi ginjal, hati toak, serta tekanan darah, dan terjadi resorpsi natrium, sehingga terjadi odema.

Tujuan diet
1.      Memberikan makanan secukupnya tanpa memeberatkan kerja jantung.
2.      Menurunkan berat badan bila terlalu gemuk.
3.      Mencegah atau menghilangkan penimbunan garam atau air.



 






























                                                                        KATA PENGANTAR

Puji syukur kami ucapkan kami ucapkan Kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas Rahmat dan RhidoNyalah kami dapat menyelesaikan Makalah tentang Gizi pada kardiovaskuler.

Pada kesempatan ini kami tidak lupa juga mengucapkan terimakasih kepada Ibu Rijanti Abdurrachim, DCN. M. KES selaku dosen pembimbing yang telah memberikan tugas kepda kami untuk menyusun makalah ini, kami menyadari makalah ini masih jauh dari sempurna oleh karena itu kami berharap kan saran dari pembaca untuk mendapat kesempurnaan makalah ini,Mudah-mudahan makalah yang kami susun ini dapat bermamfaat untuk bahan pembelajaan untuk kita, amin….



Banjarmasin,     Januari 2010



       Penyusun
Antonius widoyoko








































DAFTAR ISI


Judul
Kata Pengantar
Daftar Isi

BAB I : PENDAHULUAN
A.    Pengertian                                                                                                                  1
B.     Penggolongan penyakit jantung                                                                              1
C.    Gejala                                                                                                                         2
                                                                                                                                               

BAB II : PERANAN GIZI PADA JANTUNG
1.      Prinsip diet
2.      Nutrisi preventif                                                                                                        3
3.      Nutrisi kuratif                                                                                                           4
4.      Syarat diet                                                                                                                 4


BAB III : TUJUAN DIET
A.    Syarat diet                                                                                                                 6
B.     Jenis diet                                                                                                                    6

BAB VI : KESIMPULAN                                                                                                           
                                                                                                                                         

DAFTAR PUSTAKA                                                                                                                  



2 komentar:

  1. boleh tau referensinya dari mana yaaa?? makasih

    BalasHapus
  2. Bally's Philadelphia Casino and Racetrack to Host $500 - JTG Hub
    The first-ever sportsbook, Bally's Philadelphia 광양 출장마사지 Casino and Racetrack will open to 동두천 출장샵 public on Thursday, 서울특별 출장안마 November 11, 춘천 출장안마 with 양산 출장샵 approximately 400 slot

    BalasHapus